Mengenal Perusahaan Terbesar Batam PT. McDermott Indonesia

DAFTAR ISI [Tutup]

    Siapa yang tak kenal dengan Kota Batam. Salah satu kota yang berlokasi di Kepulauan Riau ini merupakan sebuah kota industri yang cukup pesat perkembangannya. Dengan letak geografisnya yang strategis karena berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia. Siapa sangka Batam yang dahulunya hutan dan sepi namun sekarang berubah menjadi kota metropolitan dengan kehidupannya yang 24 jam non-stop.

    Untuk lebih jelasnya mari kita lihat satu persatu Tahapan Proses perubahan Batam dari tahun ke tahun seperti terlihat dari gambar dibawah ini:

    Foto Batam Lama
    Foto Batam Lama 1984

    Foto Batam Lama
    Foto Batam Lama 1993

    Foto Batam Lama
    Foto Batam Lama 2006

    Foto Batam Lama
    Foto Batam Lama 2012

    Foto Batam Lama
    Foto Batam Lama 2020

    Dari gambar diatas dapat kita simpulkan bahwasanya kondisi Batam pada tahun 1984 mengalami perubahan begitu signifikan di tahun 2006, perkembangan tersebut dipengaruhi banyak faktor salah satunya adalah Ekonomi dan lebih spesifiknya adanya banyaknya perusahaan asing yang berinvestasi dan membuka operasinya di pulau Batam. Sehingga mempengaruhi aktifitas perekonomian masyarakat yang ada di kota tersebut sehingga menjadi daya tarik orang diluar Batam untuk datang dan mengadu nasib dikota ini.

    Berbagai macam perusahaan asing dan lokal beroperasi di kota ini mulai dari perusahaan elektronik, fabrikasi dan konstruksi, perusahaan manufaktur, plastik injection, consumer and foods, tekstil, perusahaan shipyard dan masih banyak jenis perusahaan lainnya. Sehingga tidak salah orang-orang menjuluki Batam sebagai Kota Industri di Indonesia.

    Nah sekarang kita akan membahas Perusahaan Terbesar yang ada di Batam, perusahaan ini juga masuk dalam histori sejarah Batam karena sudah ada sejak tahun 1972. Dan perusahaan tersebut adalah PT. McDemott Indonesia. Sebuah perusahaan asing yang sejak pertama berdiri dan hingga saat ini masih eksis beroperasi di Batu Ampar.

    Aktifiatas Karyawan McDermott
    Penampakan karyawan McDermott Batam yang sedang beristirahat. (sumber: Google Maps)


    Sejarah McDemott Batam

    Dikutip dari beberapa sumber pada awal pendirian mulanya bernama Inggram Construction kemudian diambil alih oleh McDermott Indonesia sampai saat ini. Sejak berdiri perusahaan ini telah memproduksi berbagai jenis Jacket dan Module untuk oil and gas. Perusahaan perusahaan ternama dunia yang sudah bekerjasama seperti Shell, Qatar Gas, Aramco, Chevron, Inpex, Total Energies, Petronas dan lain-lain.

    Bagi pembaca dan mungkin belum familiar dengan produk-produk yang dihasilkan perusahaan ini, yuk kita lihat apa saja sih yang dibuat? dibawah ini merupakan beberapa contoh hasil karya anak Indonesia di PT. McDermott Batam.

    1. Module

    Dalam dunia oil and gas, module dibuat sebagai rumah / tempat beroperasinya kegiatan pengeboran minyak seperti lepas pantai (offshore). Contoh dibawah ini merupakan module yang dibuat oleh McDermott untuk project Tyra - Total Energies.

    Module Project Tyra McDermott Indonesia
    Foto Persiapan pelepasan Module Tyra oleh Karyawan dan Client (sumber: Google)

    2. Jacket

    Jacket di dunia offshore digunakan sebagai penopang atau dudukan module diatas laut. jacket ini di rancang oleh Engineer sehingga dapat tahan dari arus gelombang laut yang kuat serta dapat bertahan beberapa tahun sesuai keinginan owner / pemiliknya.

    Jacket Project Qatar Gas McDermott Indonesia
    Foto Jacket untuk client Qatar Gas (sumber: Google)

    Dari 2 gambar diatas bisa dibayangkan betapa besar produk yang dihasilkannya, maka tak diragukan lagi tingkat kecelakaan kerja memiliki resiko yang besar kepada karyawannya, sehingga menjadi salah satu alasan mengapa bekerja di perusahaan fabrikasi oil and gas memiliki salary diatas rata-rata diantara jenis perusahaan lainnya di kota Batam.

    Dengan salarynya diatas rata-rata membuat hal tersebut diimpikan oleh sebagian warga Batam khususnya untuk bisa masuk di perusahaan terbesar ini. Namun sayangnya bukan hal mudah untuk dapat masuk diperusahaan ini, karena ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi, disebabkan calon karyawan yang masuk minimal memiliki skill dibidangnya dan tentunya siap pakai.

    Welder Piping McDermott Indonesia
    Foto Aktifitas salah satu welder Piping di Shop (sumber: Google)

    Tapi tenang dengar-dengar kabar bahwasanya McDermott Batam terkadang membuka program Apprentice untuk pendidikan setingkat SLTA yang siap dididik menjadi karyawan apabila hasilnya memuaskan. Posisi yang ditawarkan seperti Fitter, Welder, Electric dan lain-lain. Kesempatan yang baik tentunya bagi warga Batam yang menginginkan bekerja di sini. 

    Mengenal Bangunan-bangunan yang ada di PT. McDermott Indonesia

    1. BTTC
    Batam Technical Training Center disingkat BTTC diantaranya digunakan sebagai tempat training / latihan bagi para welder yang ingin meng-upgrade kualifikasi, mendapatkan stamp kualifikasi untuk project lain, tempat uji praktek calon welder dan Fitter, training Safety dan lain-lain.

    Gedung BTTC (Batam Technical Training Center) PT. McDermott Batam
    Gedung BTTC (Batam Technical Training Center) PT. McDermott Batam (sumber: Google Maps)


    2. HRD Office
    Human Recourse Department disingkat HRD adalah sebuah Divisi perusahaan dalam mengolah segala aktifitas berhubungan dengan perekrutan karyawan, pengembangan karyawan dan lainnya.

    Gedung HRD PT. McDermott Batam
    Gedung HRD PT. McDermott Batam (sumber: Google Maps)

    3. Shop Icon McDermott Batam
    McDemott Batam ternyata memiliki sebuah icon berupa bangunan/Shop yang besar, dengan memanfaatkan hal tersebut sehingga logo perusahaan dapat terpajang disitu, seperti terlihat pada bangunan dibawah ini.

    Icon PT. McDermott Batam
    Icon PT. McDermott Batam (sumber: Google Maps)

    4. Klinik McDermott Batam
    Kesehatan dan Keselamatan keluarga dan karyawan merupakan prioritas sehingga perusahaan tidak lupa menyediakan fasilitas kesehatan berupa klinik dan juga Dokter tidak jauh dari lokasi kerja untuk memudahkan tim medis mengakses sesegera mungkin bilamana terjadi suatu kecelakaan kerja. Dan juga keluarga karyawan dapat langsung datang ke klinik untuk memerika kesehatannya ke Dokter yang ada di klinik tersebut.

    Klinik PT. McDermott Batam
    Bangunan Klinik PT. McDermott Batam (sumber: Google Maps)

    5. Gedung Graha
    Gedung ini menjadi tempat operasional untuk divisi seperti Engineering, QC, Project Management, IT dalam aktifitasnya sehari-hari. Divisi ini begitu critical karena perannya yang penting untuk kelancaran operasional di lapangan.

    Gedung Graha PT. McDermott Batam
    Gedung Graha PT. McDermott Batam (sumber: Google Maps)

    PT. McDermott Indonesia memiliki luas kurang lebih 120 Ha, menjadikannya sebagai perusahaan terbesar di Batam yang dapat mempekerjakan karyawan sebanyak 14000 orang adalah bukti perusahaan no.1 di Batam.

    Operational Yard PT. McDermott Batam
    Operational Yard PT. McDermott Batam tampak depan (sumber: Google)

    Operational Yard PT. McDermott Batam
    Operational Yard PT. McDermott Batam tampak samping (sumber: Google)

    Bagaimana sobat semua, setelah mengenal profil dari salah satu perusahaan terbesar di Batam apakah tertarik untuk bergabung dan bekerja di perusahaan ini? 
    Close